Friday, October 5, 2007

TO 3 MULTIKULTURAL

Inisiasi 3

Pendidikan Multikultural

Saudara mahasiswa, pada pertemuan kali ini kita akan mendiskusikan materi tentang karakteristik Pendidikan Multikultural di berbagai negara. Untuk kelancaran mempelajari materi ini, sebaiknya Anda telah menguasai materi-materi yang ada pada modul 2. Pada modul ke 3 ini, anda akan diajak untuk :

1. membandingkan karakteristik Pendidikan Multikultural di berbagai negara. Dengan mempelajari berbagai karakteristik Pendidikan Multikultural tersebut kita akan mengetahui bahwa setiap negera memiliki keunikan yang mendasari kemunculan Pendidikan Multikultural.

2. mengkaji karakteristik alamiah yang terdapat pada halaman 3-24 dan 3-25 dan mengkaji karakteristik budaya Indonesia yang bersifat multikultur. Dengan mempelajari karakteristik alamiah dan budaya Indonesia tersebut kita memahami keunikan yang dimiliki oleh Indonesia sebagai dasar pengembangan Pendidikan Multikultural yang unik pula.

3. mengkaji berbagai wawasan multikultural yang bersifat lokal, nasional dan universal.

Nah setelah Anda kaji lebih dalam materi pada halaman yang sudah disebutkan di atas, kerjakanlah soal-soal berikut:

1. Carilah karakteritik budaya negara Amerika, Inggris, Kanada, Australia dan Asia. Buatlah apa persamaan dan perbedaan karakteristik budaya negara Amerika, Inggris, Kanada, Australia dan Asia.

2. Buatlah perbandingan pola budaya antara berbagai budaya daerah. Misalnya Jawa, Cina, Bali, Dayak, Irian, Minang, Banjar, Aceh, Papua, Bugis dan sebagainya). Pola budaya itu bisa Anda buat seperti pada halaman 3-15. Sedangkan norma yang akan anda kaji, bisa anda diskusikan dengan karakteristik budaya di tempat anda masing-masing (pandangan hidup, cara berpakaian, falsafah pembuatan rumah adat, nilai yang terdapat pada tarian daerah, dan sebagainya).

3. Carilah masing-masing tiga contoh tradisi yang berlatar belakang wawasan budaya lokal, nasional dan universal yang berada di lingkungan Anda.

Saudara, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh agar Anda mempunyai nilai yang dapat dikontribusikan ke nilai akhir. Selamat belajar dan sukses selalu.


No comments: